Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil?

SEMARANG, KOMPAS.com – Kenyamanan berkendara mobil bisa tercipta dari suasana kabin yang mendukung. Banyak cara yang dilakukan pemilik kendaraan untuk menyulap kabin, bahkan dengan jalan pintas menggunakan berbagai jenis pengharum beraroma mencolok. Meskipun demikian, perawatan wajib kabin dan AC mobil yang benar juga banyak manfaatnya. Tak lain untuk menjaga keseimbangan sirkulasi udara di saluran AC tetap segar. Kuncinya adalah senantiasa merawat filter kabin secara rutin. Kotoran yang banyak menumpuk di sistem AC bisa menyebabkan bau tidak sedap kabin mobil. Otomatis, kinerja AC juga terbebani karena evaporator yang tertutup, aliran freon jadi tidak stabil. Suhu udara kabin jadi gampang panas, bahkan jika dibiarkan jangka panjang saat evaporator bocor berpeluang menjalar sampai kerusakan komponen AC lainnya. Sesuai jadwal, filter kabin biasanya diganti interval 10.000 kilometer. Agar penyaringan udara maksimal, pembersihan bisa jadi menu perawatan khusus setiap 5.000 kilometer, karena menentukan kualitas udara yang dihirup. “Udara kotor bisa berbahaya, tidak nyaman dihirup terlalu lama karena bisa memicu gangguan kesehatan,” kata Bambang Sri Haryanto Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang kepada Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Filter kabin digunakan menyaring kotoran debu halus bahkan sampai jamur yang tumbuh karena kelembaban udara. Bambang menjelaskan, kotoran debu berukuran mikron jadi mudah terhisap masuk ke evaporator. Jamur interior mobil gampang muncul, hal itu biasanya disebabkan karena suhu udara lingkungan luar dan kabin berbeda cukup jauh. Bisa juga berasal dari oksidasi partikel kimiawi pengharum mobil secara alamiah. “Jamur yang tumbuh karena perbedaan suhu bisa menciptakan bau apek. Saat sudah masuk sampai evaporator, bisa berekasi kembali jadi endapan lumpur yang menutup celah-celah lubang udara,” katanya.  Perawatan filter kabin yang terlambat, kata dia, bisa mempengaruhi usia pakai komponen-komponen yang saling berhubungan.

“Evaporator bisa gampang kotor, komponen tersebut terbilang sensitif saat lembab. Dipenuhi kotoran saja, sirkulasi freon AC tidak lancar,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, perawatan berkala AC sesuai standar ada poin perhatian menyangkut jadwal pembersihan rutin filter AC. “AC mobil jadi faktor penentu kenyamanan berkendara nomor satu. Udara yang bersih dan segar menciptakan suasana nyaman dan tidak membosankan,” kata Andika.

Sirkulasi udara kabin mobil yang senantiasa terjaga maksimal, suasana berkendara juga jadi fresh dan menyenangkan. Terlebih jika berkendara jarak jauh yang menghabiskan waktu lama saat perjalanan.

“Jika kabin mobil kotor, mempercepat risiko kelelahan selama berkendara. Mudah mengantuk, dan psikologis pengemudi bisa labil. Aroma kabin yang fresh membuat perform selama berkendara bisa stabil,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil? “
Penulis : Dicky Aditya Wijaya
Editor : Agung Kurniawan

Sumber Berita: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *