Musk mengatakan dia membuat beberapa keputusan Tesla tanpa persetujuan dewan, membela rencana pembayaran $ 55 miliar

Pada tahun 2017, ketika pembuat mobil listrik berada dalam “krisis”, Elon Musk menepis tuduhan pada hari Rabu bahwa paket pembayaran $55 miliar perusahaan didasarkan pada target kinerja sederhana yang disetujui oleh dewan direksi yang patuh. Untuk mengungkap, saya benar-benar fokus. Direktur.

Dia juga mengaku membuat keputusan tentang Tesla tanpa persetujuan dewan, termasuk berhenti menerima pembayaran Bitcoin.

Pemegang saham Tesla Richard Tornetta menggugat Musk dan dewan pada tahun 2018, mengklaim bahwa Musk menggunakan kendalinya atas dewan Tesla untuk menentukan persyaratan paket yang tidak mengharuskannya bekerja penuh waktu di Tesla. Saya ingin membuktikan bahwa Musk, orang terkaya di dunia, mengatakan di pengadilan Delaware bahwa dia secara sepihak menyerukan kematian Bitcoin dengan alasan lingkungan. Dia juga mengakui bahwa dewan Tesla sedang mempertimbangkan pembelian kembali saham senilai hingga $ 10 miliar sebelum dia mengatakan kepada analis pada bulan Oktober bahwa dewan tidak diberitahu.

Pengacara Tornetta mencoba menggambarkan Tesla sebagai perusahaan yang sepenuhnya dikendalikan oleh tangan Musk yang mencari paket biaya yang memecahkan rekor dan mudah ditemukan untuk mendanai ambisinya melakukan perjalanan ke Mars. meningkat.

Musk mengaku mengambil cuti dengan anggota dewan direksi tanpa menyelesaikan pesan dengan pengacara Tesla, seperti yang disyaratkan oleh penyelesaian SEC pada tahun 2018, dan kadang-kadang men-tweet tentang perusahaan tersebut.

Dalam pernyataan sebelumnya, dia menjelaskan bagaimana pembuat mobil berjuang untuk bertahan pada tahun 2017 ketika rencana pembayaran sedang dikerjakan. Ketika ditanya tentang Tesla oleh pengacara Evan Chesler, Musk mengatakan dia “benar-benar fokus menjalankan bisnis,” menambahkan bahwa dia tidak mendikte ketentuan rencana pembayaran.

Dia mengatakan dia tidak akan menerima rencana pembayaran yang mengharuskan dia bekerja keras atau menghabiskan berjam-jam di Tesla. “Aku tidak tahu apa yang dilakukan jam waktu.”

Pengadilan akan diadakan lima hari sebelum dia dari Perdana Menteri Kathleen McCormick. Gugatan lain memaksanya untuk membeli seharga $44 miliar ketika Musk berjuang untuk mengawasi perombakan platformnya, Twitter.

Musk, yang tiba dengan Tesla hitam dan dibawa ke pengadilan melalui pintu masuk terpisah untuk alasan keamanan, menyelesaikan kesaksiannya hanya dalam waktu kurang dari tiga jam pada hari Rabu. Dia diikuti di stan oleh Antonio Gracias, yang menjabat di dewan direksi Tesla dari 2007 hingga 2021.

Miliarder bersaksi bahwa pada tahun 2017, itu adalah Tesla, mengalihkan perhatiannya ke tempat yang paling dibutuhkan.

“Jadi selama krisis, alokasi bergeser ke tempat krisis terjadi,” kata Musk.

Musk telah membuat pernyataan agresif di masa lalu, sering kali tampak tidak menghormati pengacara yang mengajukan pertanyaan terperinci. Dalam persidangan sebelumnya, dia menyebut pengacara lawan “licik”, mempertanyakan keberuntungan mereka, dan menuduh mereka “memeras.”

Musk lebih pendiam pada sidang hari Rabu, tetapi pertanyaan rincinya mengganggunya. Pada satu titik, Musk memberi tahu pengacara penggugat, “Pertanyaan Anda biasanya pertanyaan kompleks yang dirancang untuk menyesatkan orang.

Musk mengakui dia bukan pengacara, tetapi menambahkan bahwa dia “bisa menyusul jika saya terlibat dalam cukup banyak kasus.”

Musk tweeted di markas San Francisco di Twitter minggu ini bahwa dia akan siaga selama 24 jam sampai masalah perusahaan diselesaikan, dan mengatakan dia akan tiba dengan penerbangan semalam dari perusahaan medianya Social pada hari Rabu.

Tornetta telah meminta pengadilan untuk membatalkan paket 2018. Pengacaranya Greg Vararo mengatakan ini adalah $20 miliar lebih banyak dari Produk Domestik Bruto tahunan Delaware.

Musk dan tim hukum direktur Tesla mendefinisikan rencana pembayaran sebagai serangkaian tujuan berani yang akan meningkatkan nilai saham Tesla sepuluh kali lipat dari perkiraan $50 miliar menjadi lebih dari $600 miliar miliknya.

Mereka berpendapat bahwa rencana tersebut dikembangkan oleh anggota dewan independen, disarankan oleh para ahli dari luar, dan disusun dengan masukan dari pemegang saham utama.

Paket kontroversial Tesla memungkinkan Musk untuk membeli 1% saham Tesla dengan diskon besar jika peningkatan kinerja dan target keuangan terpenuhi. Kalau tidak, topeng tidak mendapatkan apa-apa.

Menurut dokumen pengadilan, Tesla mencapai 11 dari 12 targetnya.

Pemegang saham umumnya tidak dapat menantang kompensasi eksekutif karena pengadilan biasanya mengikuti keputusan dewan direksi. Gugatan Musk selamat dari mosi untuk memberhentikan karena diputuskan bahwa ia dapat dianggap sebagai pemegang saham pengendali. Ini berarti aturan yang lebih ketat berlaku.

Lawrence Cunningham, seorang profesor di Universitas George Washington, mengatakan tentang yang belum pernah terjadi sebelumnya, “Tidak ada preseden bagi 21,9% pemegang saham yang merupakan CEO untuk menerima rencana pembayaran terstruktur sebesar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *