Porsche Siap Meluncurkan 911 Dakar, Punya Kemampuan Off Road

JAKARTA, KOMPAS.com – Porsche akan meluncurkan 911 all-terrain pada acara Los Angeles Auto Show di 16 November 2022. Kabarnya model 911 yang paling ditunggu ini dilabeli nama Dakar. Dikutip dari Carscoops, nama Dakar diambil dari 911 yang menang di Paris-Dakar Rally tahun 1984. Saat itu, 911 Carrera dimodifikasi jadi all-wheel drive dan punya kaki-kaki perkasa untuk menembus kerasnya reli. Kabarnya, 911 Dakar akan memiliki suspensi yang bisa diatur tingginya agar bisa melewati jalanan yang tidak rata. Soal data teknis, Porsche memang belum membocorkannya secara publik.

Walau begitu, Porsche serius menggarap 911 Dakar, seperti prototipenya yang benar-benar dibawa tes ke medan berpasir sampai salju. Bahkan, Porsche mengetes mobilnya lebih kuran 500.000 Km, termasuk 10.000 Km off road untuk mendapatkan racikan sasis yang pas. Porsche membawanya ke Dubai dan Maroko untuk melewati gunung pasir setinggi 50 meter dengan suhu mencapai 45 derajat celsius. Selain itu, prototipe juga dibawa ke danau beku di Swedia. Selain itu, 911 Dakar juga dibawa ke Château de Lastours test track di Perancis, di mana tim Dakar Rally mencoba mobilnya sebelum dibawa ke reli sebenarnya. Jadi Porsche mengetes kemampuannya melewati batu dan rintangan lain.

Porsche Ambassador dan mantan juara reli Walter Röhrl mengatakan, 911 Dakar sangat menyenangkan untuk dikemudikan. “Semuanya berjalan dengan presisi dan kalem. Tidak banyak customer Porsche yang percaya kemampuan dari 911 Dakar sampai mereka mencobanya sendiri,” ucap Walter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Porsche Siap Meluncurkan 911 Dakar, Punya Kemampuan Off Road”..
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Agung Kurniawan

Sumber Berita: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *